Monday, July 23, 2012

Girls Only


Penampilan Menurut Alkitab

You are beautiful,
beautiful,
beatiful..
Kamu cantik,
cantik,
dari hatimu...

Lagu yang dipopulerkan oleh Girls Band, Cherrybelle ini emang benar adanya lho sis..
Nah,kemaren kita sudah belajar Pacaran Menurut Alkitab,,sekarang kita akan belajar Penampilan Menurut Alkitab (tapi khusus cewek, kalo cowok boleh kok baca, buat jadi tambahan referensi ) ..
Puji Tuhan,Alkitab kita juga ternyata menyampaikan bagaimana kita bisa tampil menurut kehendak-Nya..Sulit nggak ya? Kita simak yukk...

Kejadian 1 : 26
"Berfirmanlah Allah : "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita...."

Penampilan fisik itu penting bagi Tuhan karena secara nggak langsung itu mengungkapkan kreativitas-Nya. So, kita harus mengapresiasi apa yang udah Ia berikan kepada kita dengan selalu menjaga penampilan. Apalagi, Ia menciptakan kita serupa dengan-Nya. Apa jadinya kalo ada orang dari agama sepupu ngeliat kita tampil berantakan dan nggak terawat ? Tuhan juga khan yang nanti terkena imbas buruknya. Yup, Tuhan juga memperhatikan penampilan luar, karena kalo nggak, kita semua pasti diciptain dengan wajah yang sama, betul nggak ?

Mazmur 139 : 14
"Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya."

Tuhan nggak menciptakan sampah; Ia justru nyiptain kita seturut dengan gambar-Nya (Kej 1 : 26). Dalam Alkitab versi Bahasa Indonesia Sehari-Hari dikatakan, "Aku memuji Engkau sebab aku sangat luar biasa!..." Kata "luar biasa" ini adalah luar biasa dalam artian positif. Ya, tiap orang itu unik. Ia ngeliat kita sebagai sebuah mahakarya, dan karna itu nggak ada satu pun dari kita yang jelek. Semua cewek itu itu cantik, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. So, jangan pernah lagi meratapi fisik saat bercermin. Daripada seperti itu, lebih baik tataplah cermin itu, katakan apa yang ketulis di ayat ini, dan tersenyumlah.

1 Samuel 16 : 7
Tetapi berfirmanlah Tuhan kepada Samuel:"Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah;manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati."

Dunia fokus kepada apa yang nampak dari luar. Sedang Tuhan ngeliat apa yang di dalam. Nggak ada salahnya memang untuk merawat diri dan menjaga penampilan, tapi pastikan semuanya itu tetap dalam batas-batas yang wajar. Pastikan bahwa usahamu yang terutama dan terpenting bukanlah mempercantik fisik, tetapi mempercantik batin. Tuhan ingin ngeliat kita memancarkan kecantikan dari dalam. Cewek yang takut akan Dialah yang Ia perkenan. Inner beauty is more valuable than outer beauty.

Amsal 31 : 30
"Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang taku akan TUHAN dipuji-puji."

Kecantikan pasti pada akhirnya memudar seiring bertambahnya usia, sekeras apapun itu dihambat. Sekali lagi, nggak ada salahnya buat merawat diri, tapi jangan sampai hati kita terpaut pada kecantikan fisik semata. Karna kalo kita seperti ini, kita akan ngerasa nggak bahagia dan damai sejahtera saat kita ngeliat ada jerawat setelah kita bangun pagi, misalnya. Sehingga akhirnya kita ngerasa minder dan nggak semangat dalam menjalani hari itu. Girls, yang utama dalam hidup ini adalah hidup takut akan Dia, dalam artian mengutamakan Dia dalam segala aspek hidup kita. Hanya pada saat itu terjadilah, maka pujian yang sejati itu akan ada.

1 Petrus 3 : 3-4
"Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah"

Ayat di atas nggak bermaksud ngelarang kita pake perhiasan ato asesoris. Ayat ini, waktu ditulis dulu, dimaksudkan buat memperingatkan para wanita zaman itu buat nggak ngikutin kebiasaan para wanita Mesir yang pada saat itu bisa menghabiskan berjam-jam hanya buat menata rambut, make up, dan mencari baju yang paling cocok buat mereka. Tuhan lebih pengen ngeliat kita menata hati dan mendandani hati -- kecantikan yang nggak akan lekang dimakan waktu.

1 Timotius 4 : 8
"Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang."

Menjaga bentuk tubuh (dengan diet misalnya) itu bukan hal yang nggak baik, tapi Tuhan lebih pengen kita menjaga hidup kerohanian kita. Yakni dengan membaca Alkitab, berdoa, dan pergi ibadah ke gereja secara rutin. So, sekali lagi pastikan kedua aapek ini seimbang. Jagalah dan latihlah tubuh dengan program diet yang cocok sama kita, tapi yang terutama jangan lupa untuk selalu ngejaga kehidupan rohani. Tubuh yang bagus dan ideal nggak akan bisa ngebuat kamu masuk kerajaan surga.

Matius 23 : 12
"Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

Penampilan bisa ngebuat kita jatuh dalam dosa. So, hati-hati dengan isu yang satu ini. Nggak masalah memang menjaga penampilan, tapi kalo alasan kita berusaha punya berat badan ideal, pake pakaian yang paling bagus, merawat wajah, dll adalah untuk membuat orang lain terkesan, maka saat itulah penampilan fisik udah menjadi batu sandungan -- jadi alat buat kita menyombongkan diri. Girls, ingatlah buat selalu rendah hati, and try to impress God, not human, maka kita akan ditinggikan.

Nah,,sudah tau khan gimana Penampilan Menurut Alkitab. Dan mari kita belajar untuk selalu mengetahui kehendak Tuhan dalam hidup kita.

Source : Renungan Hariannya Cewek -- Spirit Girls -- Edisi Maret 2012

No comments: